Kamis, 29 September 2016

TUGAS MMS KELAS 7 A

11 komentar:

  1. TUGAS INDIVIDU I HAL.16

    NAMA : ERMA ROYANI
    NIM : A310130066
    KELAS : 7A

    1. Media komunikasi sekolah mempunyai ciri tersendiri yang membedakan dengan majalah pada umumnya. Sebutkan lima ciri majalah sekolah!
    Jawaban :
    Lima ciri majalah sekolah yaitu:
    a) majalah sekolah diterbitkan di lingkungan sekolah,
    b) upaya penerbitan majalah sekolah biasanya dikoordinasikan dalam
    satu seksi kegiatan ekstrakurikuler Organisasi Siswa Intra Sekolah
    (OSIS),
    c) sasaran utama majalah sekolah adalah siswa di lingkungan sekolah,
    d) dari segi pernyataan, majalah yang diterbitkan di lingkungan
    sekolah, isi pernyataannya lebih mengutamakan kepentingan
    publikasi pendidikan dan pengajaran di sekolah, dan
    e) Penampilan majalah sekolah tidak porno.

    2. Ditinjau dari jenis pembaca, majalah sekolah termasuk majalah praremaja atau majalah remaja. Jelaskan apa yang dimaksud majalah praremaja dan majalah remaja !
    Jawaban:
    * Majalah praremaja ialah majalah sekolah yang diterbitkan untuk dibaca oleh murid di lingkungan pendidikan dasar (berusia 6-13 tahun).
    * Majalah remaja ialah majalah sekolah yang dikelola untuk pembaca remaja (sekolah dan sekolah lanjutan tingkat pertama) dan remaja sekolah menengah setingkat siswa SMU (berusia 13-21 tahun)

    3. Dilihat dari isi pernyataannya majalah yang diterbitkan di lingkungan sekolah lebih mengutamakan kepentingan publikasi pendidikan dan pengajaran di sekolah. Apa sajakah isi pernyataan majalah sekolah yang mengutamakan kepentingan publikasi pendidikan dan pengajaran di sekolah?
    Jawaban:
    Isi pernyataan majalah sekolah antara lain memuat kegiatan ekstrakurikuler di kelas (seperti berita ujian, bahan pelajaran baru, proses belajar mengajar, dan laporan praktikum) dan laporan kegiatan ekstrakurikuler (seperti pentas seni, kegiatan drum band, laporan karya wisata, dan ajang karya). Penampilan majalah sekolah tidak porno. Tata wajah sopan, grafis sederhana, dan diusahakan ada nilai edukatif atas kreasi siswa.

    4. Terdapat tujuh alasan atau pertimbangan yang mendasari pengelolaan majalah sekolah. Sebutkan tujuh alasan tersebut!
    Jawaban:
    Tujuh alasan atau pertimbangan yang mendasari pengelolaan majalah sekolah:
    a) Pendekatan proses di dalam kurikulum yang berlaku saat ini akan semakin diakui eksistensinya dalam dunia pendidikan formal di Indonesia.
    b) Kegiatan penerbitan majalah sekolah yang melalui serangkaian tahap dapat berguna untuk mempertajam penalaran siswa.
    c) Majalah sekolah dapat dijadikan wadah pengembangan bidang jurnalistik dan dunia penerbitan.
    d) Majalah sekolah dapat dipakai sebagai wadah salah satu media untuk menyalurkan aspirasi siswa.
    e) Majalah sekolah digunakan sebagai media untuk mempermudah hubungan dialogis antarkomponen pendidikan.
    f) Dengan kegiatan pengelolaan majalah sekolah terutama kegiatan yang berkenaan dengan ekstrakurikuler, yang banyak menghabiskan waktu di luar pelajaran, siswa belajar memanfaatkan waktu senggang dengan sebaik-baiknya.
    g) Pengelolaan majalah sekolah termasuk bagian dari ekstrakurikuler.

    5. Sebutkan arti penting pengelolaan majalah sekolah dalam pengajaran bahasa Indonesia!
    Jawaban:
    Arti penting majalah sekolah bagi pelajaran bahasa Indonesia,
    diantaranya:
    a) siswa dilatih menulis berbagai bentuk tulisan dengan memakai ragam bahasa Indonesia yang sesuai dengan rubrik yang tersedia,
    b) pada saat pengajaran pokok bahasan membaca, siswa dilatih untuk memahami bacaan-bacaan yang termuat di majalah sekolah, membedakan bacaan menarik dan yang tidak menarik, menyusun tanggapan secara tertulis tentang isi bacaan yang tidak nalar, kemudian tanggapan itu dapat diterbitkan pada edisi majalah selanjutnya,
    c) majalah sekolah dapat juga dipakai sebagai sumber belajar bahasa ,
    d) siswa mendapat kesempatan untuk mengembangkan kosa kata,
    e) dalam kaitannya dengan pokok bahasan sastra, siswa tidak hanya membaca, tetapi juga belajar mengapresiasi karya sastra sesama teman,
    f) melatih siswa untuk terampil berbicara (dan menyimak) sesuai dengan konteks komunikasi.

    BalasHapus
  2. TUGAS INDIVIDU I HAL.16

    NAMA : ERMA ROYANI
    NIM : A310130066
    KELAS : 7A

    1. Media komunikasi sekolah mempunyai ciri tersendiri yang membedakan dengan majalah pada umumnya. Sebutkan lima ciri majalah sekolah!
    Jawaban :
    Lima ciri majalah sekolah yaitu:
    a) majalah sekolah diterbitkan di lingkungan sekolah,
    b) upaya penerbitan majalah sekolah biasanya dikoordinasikan dalam
    satu seksi kegiatan ekstrakurikuler Organisasi Siswa Intra Sekolah
    (OSIS),
    c) sasaran utama majalah sekolah adalah siswa di lingkungan sekolah,
    d) dari segi pernyataan, majalah yang diterbitkan di lingkungan
    sekolah, isi pernyataannya lebih mengutamakan kepentingan
    publikasi pendidikan dan pengajaran di sekolah, dan
    e) Penampilan majalah sekolah tidak porno.

    2. Ditinjau dari jenis pembaca, majalah sekolah termasuk majalah praremaja atau majalah remaja. Jelaskan apa yang dimaksud majalah praremaja dan majalah remaja !
    Jawaban:
    * Majalah praremaja ialah majalah sekolah yang diterbitkan untuk dibaca oleh murid di lingkungan pendidikan dasar (berusia 6-13 tahun).
    * Majalah remaja ialah majalah sekolah yang dikelola untuk pembaca remaja (sekolah dan sekolah lanjutan tingkat pertama) dan remaja sekolah menengah setingkat siswa SMU (berusia 13-21 tahun)

    3. Dilihat dari isi pernyataannya majalah yang diterbitkan di lingkungan sekolah lebih mengutamakan kepentingan publikasi pendidikan dan pengajaran di sekolah. Apa sajakah isi pernyataan majalah sekolah yang mengutamakan kepentingan publikasi pendidikan dan pengajaran di sekolah?
    Jawaban:
    Isi pernyataan majalah sekolah antara lain memuat kegiatan ekstrakurikuler di kelas (seperti berita ujian, bahan pelajaran baru, proses belajar mengajar, dan laporan praktikum) dan laporan kegiatan ekstrakurikuler (seperti pentas seni, kegiatan drum band, laporan karya wisata, dan ajang karya). Penampilan majalah sekolah tidak porno. Tata wajah sopan, grafis sederhana, dan diusahakan ada nilai edukatif atas kreasi siswa.

    4. Terdapat tujuh alasan atau pertimbangan yang mendasari pengelolaan majalah sekolah. Sebutkan tujuh alasan tersebut!
    Jawaban:
    Tujuh alasan atau pertimbangan yang mendasari pengelolaan majalah sekolah:
    a) Pendekatan proses di dalam kurikulum yang berlaku saat ini akan semakin diakui eksistensinya dalam dunia pendidikan formal di Indonesia.
    b) Kegiatan penerbitan majalah sekolah yang melalui serangkaian tahap dapat berguna untuk mempertajam penalaran siswa.
    c) Majalah sekolah dapat dijadikan wadah pengembangan bidang jurnalistik dan dunia penerbitan.
    d) Majalah sekolah dapat dipakai sebagai wadah salah satu media untuk menyalurkan aspirasi siswa.
    e) Majalah sekolah digunakan sebagai media untuk mempermudah hubungan dialogis antarkomponen pendidikan.
    f) Dengan kegiatan pengelolaan majalah sekolah terutama kegiatan yang berkenaan dengan ekstrakurikuler, yang banyak menghabiskan waktu di luar pelajaran, siswa belajar memanfaatkan waktu senggang dengan sebaik-baiknya.
    g) Pengelolaan majalah sekolah termasuk bagian dari ekstrakurikuler.

    5. Sebutkan arti penting pengelolaan majalah sekolah dalam pengajaran bahasa Indonesia!
    Jawaban:
    Arti penting majalah sekolah bagi pelajaran bahasa Indonesia,
    diantaranya:
    a) siswa dilatih menulis berbagai bentuk tulisan dengan memakai ragam bahasa Indonesia yang sesuai dengan rubrik yang tersedia,
    b) pada saat pengajaran pokok bahasan membaca, siswa dilatih untuk memahami bacaan-bacaan yang termuat di majalah sekolah, membedakan bacaan menarik dan yang tidak menarik, menyusun tanggapan secara tertulis tentang isi bacaan yang tidak nalar, kemudian tanggapan itu dapat diterbitkan pada edisi majalah selanjutnya,
    c) majalah sekolah dapat juga dipakai sebagai sumber belajar bahasa ,
    d) siswa mendapat kesempatan untuk mengembangkan kosa kata,
    e) dalam kaitannya dengan pokok bahasan sastra, siswa tidak hanya membaca, tetapi juga belajar mengapresiasi karya sastra sesama teman,
    f) melatih siswa untuk terampil berbicara (dan menyimak) sesuai dengan konteks komunikasi.

    BalasHapus
  3. TUGAS 2
    RINGKASAN LAPORAN OBSERVASI MADING DAN MAJALAH SEKOLAH DI SMA NEGERI
    3 BOYOLALI
    Anggota:
    Duwi Saputro (A310130039)
    Erma Royani (A310130066)
    Klara Sukma Pujiyanti (A310130082)


    a.Apakah siswa dilatih memahami bacaan yang termuat di majalah sekolah?
    jawaban:
    Iya, khususnya bacaan yang berkaitan dengan matrei pembelajaran dan medukung ketercapaian indikator pembelajaran.
    b.Apakah siswa diajarakan memehami yang menarik dan tidak menarik dalam majlah sekolah?
    jawaban:
    Iya, siswa diarahakan untuk memilih bacaan mana yang mereka anggap menrik dan tidak menarik dalam majalah sekolah yang terbit di majalah ORION. Dlam pelajaran bahasa Indoneia kegiatan ini bisa dilakukan dalam materi pemberia kritik dan saran.
    c. apakah siswa memberikan tanggapan tertulis tentang isi bacaan yang tidak nalar?
    Jawaban:
    Iya, siswa memberikan tanggapan terhadap tulisan yang kurang baik atau tidak sesuai denganrealita yang ada.Tanggapan dari siswa disalurkan lewat pengelola Majalah Sekolah terkhusus siswa yang ikut Jurnalistik. Kemudian dikonsultasikan kepada Sekbid 6 yang membingbingterkait Majalah Sekolah di SMA Negeri 3 Boyolali. Apabila tanggapan yang diberikan benar, selanjutkan akan menjadi perbaikan pada penerbitan majalah sekolah selanjutnya.
    d) Apakah siswa mendapatkesempatan untuk mengembangkan kosa kata?
    Jawaban:
    Iya, siswa diberi kesempatan mengembangkan kosa kata dalam menulis artikel, opini, ataupun deskripsi yang siswa-siswi ingin tulis dalam tema tertentu di majalah ORION.
    e. Bagaimana siswa belajar mengapresiasi karya sastra sesama teman?
    Jawaban:
    SIswa belajar menghargai karya sastra yang dibuat oleh temannya dengan membaca tulisan siswa lain yang dimuat di majalah sekolah. Apresiasi yang dilakukan dikaitkan dengan program literasi di SMA Negeri 3 Boyolali yang menganjurkan setiap siswa membaca novel minimal 1 dalam setiap semester, ataupun mencari bacaan lain, dapat uga dengan membaca artikel, opini, berita yang ada di majalah sekolah SMA Negeri 3 Boyolali. Dengan begitu siswa-siswi di SMA Negeri 3 Boyolali terlibat dalam pengapresiasian karya antarsiswa.

    BalasHapus
  4. TUGAS 2
    RINGKASAN LAPORAN OBSERVASI MADING DAN MAJALAH SEKOLAH DI SMA NEGERI
    3 BOYOLALI
    Anggota:
    Duwi Saputro (A310130039)
    Erma Royani (A310130066)
    Klara Sukma Pujiyanti (A310130082)


    1 Proses Pelaksanaan Observasi Majalah Sekolah dan Majalah Dinding.
    Proses observasi majalah sekolah dan majalah dinding yang memenuhi objek.
    a. Lokasi Objek:SMA Negeri 3 Boyolali
    Alamat lokasi: Jl.Perintis Kemerdekaan,Pulisan,Kec.Boyolali,Kabupaten Boyolali,Jawa Tengah 57316.
    b. Hari, tanggal pelaksanaan:Jum'at,23 September 2016
    c. Narasumber:Siti Karimah,S.Pd.(Guru Bahasa Indonesia dan pembimbing yang berkaitan dengan pengelolaan majalah sekolah)
    d. Proses Pelaksanaan:
    1) Menemui pihak tata usaha mengkoonfirmasi kesediaan wawancara berkaitan denagan surat tugas observasi.
    2) Melakukan serangkuman wawancara dengan Wakil Kepala Skolah dan ibu Siti Karimah.
    e. teknik pengumpulan data: Observasi,wawancara,teknik simak dan catat,serta dokumentasi.

    2 Hasil Obseravasi Majalah Sekolah
    latar belakang adanya majalah sekolah sebagai sarana apresiasi karya siswa SMA Negeri 3 Boyolali. Ekstra jurnalistik bekerja sama dengan sekbid 6 membidangi kewirausahaaan.
    program kewirausahaan ini salah satunya majalah sekolah. Majlah sekolah sebagai sarana pengabdian kegiatan dan merekam momen yang dapat dikenang berkaitan dengan seluruh kehiatan dalam satu tahun sekali. Nama majalh sekolah di SMA Negeri 3 Boyolali ialah ORION. kepala sekolah sebagai penanggung jawab pengadaan majalah sekolah. Berikut ini susunan tim redaksi majalah ORION.
    - Penanggung Jawab: Khaerul Anwar S.pd
    - pembina:(1) Dra. Siti Karimah,S.pd, (2) Dra. Siti Maesaroh
    - Pimpinan Redaksi:Sonia Cahya Alfinda
    - Ketua Wartawan: Saskianingtyas Damayanti
    - Wartawan Bidang Artikel:(!) Adinda Rizqi Rahmadina, (2) Toni Pranada
    - Wartawan Sastra:(1) Aghita Shaeila, (2) Amor Cakra, (3) Andharu Wisnu
    - Pengambil Gambar: Aroon Putri
    - Editor: (1) Hanafi Ardyansyah, (2) Faiq Bachtiar
    - Desain Grafis: (1) Ivan Adista, (2) Indah Kristin
    Majalah sekolah diterbitkan setiap satu tahun sekali. proses pembuatan majalah sekolah dengan mengajukan kepada kepala sakolah dan setelah disetujui dilanjutkan ke bendahara. Bendahara sekolah akan merinci jumlah dan yang sudah dibayarkan oleh siswa-siswa karena pada tahun ajaran orangtua dikumpulkan untuk memberikan kesempatan pembayaran dana sekolah khususnya untuk kepentingan siswa. Penerbitan dilakukan hanya satu tahun sekali mengingat biaya yang digunakan swadaya dari siswa tidak terlalu besar.
    Proses yang kedua yaitu mengadakan rapat dengan anggota ektrakurikuler jurnalistik terdiri dari kelas 10 dan kelas 11 dengan sekbid tentang kewiraysahaan dan sekbid 8 tentang apresiasi. Rapat diadakn untuk merancang waktu pengumpulan data dan gambar serta membgi tiap bagian rubrik yang harus diisi. Data bersumber siswa dari tulisan mereka dan kegitan sekitar sekolah. Data yang telah didapat dikonsultasikan kepada guru bahasa indonesia yang notabene menjavbat sebagai sekbid 8. Data disusun dan dilengkapai oleh siswa selanjutnya diberikan ke percetakan untuk didesain. Waktu penyusunan data lengkap sekitar satu bulan pada bulan April dan diberikan kepercetakan untuk diproses hingga bulan Mei.
    Pendistribusian majalah saat penerimaan raport bulan Juni.
    Majalah dinding SMA Negeri 3 Boyolali dipelopori oleh ekstra blog sebagai wadah pembuatan mading. Majalh dinding ditangani oleh sekbid 8 bidang apresiasi. Anggota yang mengisi mading menyeluruh siswa di sekplah dari kelas 1 sampai 12.
    pengisian acara berkala setiap dua minggu sekali dimulai dari kelas sepuluh hingga kelas 12.
    Majalah dinding sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi siswa an megapresiasi karangan siswa. bukti menyalurkan apresiasi siswa dimulai pada kolom opini. ukti mengapraesiasi karangan siswa berupa hasil katrya siswa dalam bentuk gambar maupun puisi dimuat di majalah dnding.

    BalasHapus
  5. TUGAS 2
    RINGKASAN LAPORAN OBSERVASI MADING DAN MAJALAH SEKOLAH DI SMA NEGERI
    3 BOYOLALI
    Anggota:
    Duwi Saputro (A310130039)
    Erma Royani (A310130066)
    Klara Sukma Pujiyanti (A310130082)

    1. Proses Pelaksanaan dan Hasil Wawancara TIM Observasi Majalah Sekolah dan Majalah Dinding di SMA Negeri 3 Boyolali.
    a. Lokasi Objek:SMA Negeri 3 Boyolali
    Alamat lokasi: Jl.Perintis Kemerdekaan,Pulisan,Kec.Boyolali,Kabupaten Boyolali,Jawa Tengah 57316.
    b. Hari, tanggal pelaksanaan:Jum'at,23 September 2016
    c. Narasumber:Siti Karimah,S.Pd.(Guru Bahasa Indonesia dan pembimbing yang berkaitan dengan pengelolaan majalah sekolah)
    d. Proses Pelaksanaan:
    1) Menemui pihak tata usaha mengkoonfirmasi kesediaan wawancara berkaitan denagan surat tugas observasi.
    2) Melakukan serangkuman wawancara dengan Wakil Kepala Skolah dan ibu Siti Karimah.
    e. teknik pengumpulan data: Observasi,wawancara,teknik simak dan catat,serta dokumentasi.

    2. Hasil Obseravasi Majalah Sekolah
    Latar belakang adanya majalah sekolah sebagai sarana apresiasi karya siswa SMA Negeri 3 Boyolali. Ekstra jurnalistik bekerja sama dengan sekbid 6 membidangi kewirausahaaan.
    program kewirausahaan ini salah satunya majalah sekolah. Majlah sekolah sebagai sarana pengabdian kegiatan dan merekam momen yang dapat dikenang berkaitan dengan seluruh kehiatan dalam satu tahun sekali. Nama majalh sekolah di SMA Negeri 3 Boyolali ialah ORION. kepala sekolah sebagai penanggung jawab pengadaan majalah sekolah. Berikut ini susunan tim redaksi majalah ORION.
    - Penanggung Jawab: Khaerul Anwar S.pd
    - pembina:(1) Dra. Siti Karimah,S.pd, (2) Dra. Siti Maesaroh
    - Pimpinan Redaksi:Sonia Cahya Alfinda
    - Ketua Wartawan: Saskianingtyas Damayanti
    - Wartawan Bidang Artikel:(!) Adinda Rizqi Rahmadina, (2) Toni Pranada
    - Wartawan Sastra:(1) Aghita Shaeila, (2) Amor Cakra, (3) Andharu Wisnu
    - Pengambil Gambar: Aroon Putri
    - Editor: (1) Hanafi Ardyansyah, (2) Faiq Bachtiar
    - Desain Grafis: (1) Ivan Adista, (2) Indah Kristin
    Majalah sekolah diterbitkan setiap satu tahun sekali. proses pembuatan majalah sekolah dengan mengajukan kepada kepala sakolah dan setelah disetujui dilanjutkan ke bendahara. Bendahara sekolah akan merinci jumlah dan yang sudah dibayarkan oleh siswa-siswa karena pada tahun ajaran orangtua dikumpulkan untuk memberikan kesempatan pembayaran dana sekolah khususnya untuk kepentingan siswa. Penerbitan dilakukan hanya satu tahun sekali mengingat biaya yang digunakan swadaya dari siswa tidak terlalu besar.
    Proses yang kedua yaitu mengadakan rapat dengan anggota ektrakurikuler jurnalistik terdiri dari kelas 10 dan kelas 11 dengan sekbid tentang kewiraysahaan dan sekbid 8 tentang apresiasi. Rapat diadakn untuk merancang waktu pengumpulan data dan gambar serta membagi tiap bagian rubrik yang harus diisi. Data bersumber siswa dari tulisan mereka dan kegitan sekitar sekolah. Data yang telah didapat dikonsultasikan kepada guru bahasa indonesia yang notabene menjavbat sebagai sekbid 8. Data disusun dan dilengkapai oleh siswa selanjutnya diberikan ke percetakan untuk didesain.
    Pendistribusian majalah saat penerimaan raport bulan Juni.
    Majalah dinding SMA Negeri 3 Boyolali dipelopori oleh ekstra blog sebagai wadah pembuatan mading. Majalh dinding ditangani oleh sekbid 8 bidang apresiasi. Anggota yang mengisi mading menyelurih siswa di sekplah dari kelas 1 sampai 12.
    pengisian acara berkala setiap dua minggu sekali dimulai dari kelas sepuluh hingga kelas 12.
    Majalah dinding sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi siswa dan megapresiasi karangan siswa. bukti menyalurkan apresiasi siswa dimulai pada kolom opini. Bukti mengapraesiasi karangan siswa berupa hasil katrya siswa dalam bentuk gambar maupun puisi dimuat di majalah dnding

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. TUGAS 2
    RINGKASAN LAPORAN OBSERVASI MADING DAN MAJALAH SEKOLAH DI SMA NEGERI
    3 BOYOLALI
    Anggota:
    Duwi Saputro (A310130039)
    Erma Royani (A310130066)
    Klara Sukma Pujiyanti (A310130082)

    1. Proses Pelaksanaan dan Hasil Wawancara TIM Observasi Majalah Sekolah dan Majalah Dinding di SMA Negeri 3 Boyolali.
    a. Lokasi Objek: SMA Negeri 3 Boyolali
    Alamat lokasi: Jl.Perintis Kemerdekaan,Pulisan, Kec.Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57316.
    b. Hari, tanggal pelaksanaan:Jum'at, 23 September 2016
    c. Narasumber: Siti Karimah,S.Pd.(Guru Bahasa Indonesia dan pembimbing yang berkaitan dengan pengelolaan majalah sekolah)
    d. Proses Pelaksanaan:(1) Menemui pihak tata usaha mengkoonfirmasi kesediaan wawancara berkaitan denagan surat tugas observasi. (2) Melakukan serangkaian wawancara dengan Wakil Kepala Skolah dan ibu Siti Karimah.
    e. Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara, teknik simak dan catat, serta dokumentasi.

    2. Hasil Obseravasi Majalah Sekolah
    Latar belakang adanya majalah sekolah sebagai sarana apresiasi karya siswa SMA Negeri 3 Boyolali. Ekstra jurnalistik bekerja sama dengan sekbid 6 membidangi kewirausahaaan.
    Program kewirausahaan ini salah satunya majalah sekolah. Majalah sekolah sebagai sarana pengabdian kegiatan dan merekam momen yang dapat dikenang berkaitan dengan seluruh kegiatan dalam satu tahun sekali. Nama majalah sekolah di SMA Negeri 3 Boyolali ialah ORION. Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab pengadaan majalah sekolah. Berikut ini susunan tim redaksi majalah ORION.
    - Penanggung Jawab: Khaerul Anwar S.Pd.
    - Pembina: (1) Dra. Siti Karimah,S.pd, (2) Dra. Siti Maesaroh
    - Pimpinan Redaksi: Sonia Cahya Alfinda
    - Ketua Wartawan: Saskianingtyas Damayanti
    - Wartawan Bidang Artikel: (1) Adinda Rizqi Rahmadina, (2) Toni Pranada
    - Wartawan Sastra: (1) Aghita Shaeila, (2) Amor Cakra, (3) Andharu Wisnu
    - Pengambil Gambar: Aroon Putri
    - Editor: (1) Hanafi Ardyansyah, (2) Faiq Bachtiar
    - Desain Grafis: (1) Ivan Adista, (2) Indah Kristin
    Majalah sekolah diterbitkan setiap satu tahun sekali. Proses pembuatan majalah sekolah dengan mengajukan kepada kepala sakolah dan setelah disetujui dilanjutkan ke bendahara. Bendahara sekolah akan merinci jumlah dan yang sudah dibayarkan oleh siswa-siswa karena pada tahun ajaran orang tua dikumpulkan untuk memberikan kesempatan pembayaran dana sekolah khususnya untuk kepentingan siswa. Penerbitan dilakukan hanya satu tahun sekali mengingat biaya yang digunakan swadaya dari siswa tidak terlalu besar.
    Proses yang kedua yaitu mengadakan rapat dengan anggota ektrakurikuler jurnalistik terdiri dari kelas 10 dan kelas 11 dengan sekbid 6 tentang kewirausahaan dan sekbid 8 tentang apresiasi. Rapat diadakn untuk merancang waktu pengumpulan data dan gambar serta membagi tiap bagian rubrik yang harus diisi. Data bersumber dari siswa, tulisan mereka dan kegitan sekitar sekolah. Data yang telah didapat dikonsultasikan kepada guru bahasa indonesia yang notabene menjabat sebagai sekbid 8. Data disusun dan dilengkapai oleh siswa selanjutnya diberikan ke percetakan untuk didesain. Pendistribusian majalah saat penerimaan raport bulan Juni. Majalah dinding SMA Negeri 3 Boyolali dipelopori oleh ekstra blog sebagai wadah pembuatan mading. Majalah dinding ditangani oleh sekbid 8 bidang apresiasi. Anggota yang mengisi mading menyeluruh siswa di sekolah dari kelas 10 sampai 12.
    pengisian acara berkala setiap dua minggu sekali dimulai dari kelas sepuluh hingga kelas dua belas.
    Majalah dinding sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi siswa dan megapresiasi karangan siswa. Bukti penyaluran apresiasi siswa dimulai pada kolom opini. Bukti mengapraesiasi karangan siswa berupa hasil karya siswa dalam bentuk gambar maupun puisi yang dimuat di majalah dnding.
    *Laporan Observasi Mading dan Majalah Sekolah lengkap telah kami kirimkan ke e-mailkan.

    BalasHapus